You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Narawita

Kec. Cicalengka, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat

Survei Mawas Diri Oleh Puskesmas Sawah Lega


Kegiatan Survei Mawas Diri Oleh Puskesmas Sawah Lega

 

Dinas Kesehatan Puskesmas Sawah Lega melaksanakan kegiatan SMD atau Survei Mawas Diri untuk menampung aspirasi masyarakat khususnya dalam hal kesehatan pada Senin (21/9/2020) di Aula Desa Narawita, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Kegiatan ini dihadiri oleh, pihak pemerintah desa, Tim Penggerak PKK, serta perwakilan dari tiap rukun warga yaitu kader dan atau ketua RT. Dibuka dengan pembacaan doa dan sambutan dari Kasi Pemerintahan Desa.

SMD sendiri merupakan wadah untuk menampung pandangan masyarakat mengenai masalah kesehatan. Dilaksanakan setiap tahun dengan mendatangkan perwakilan dari setiap RW untuk mengetahui gambaran dari tiap wilayah rukun warganya.

Pihak puskesmas bertugas untuk menggali masalah yang ada di setiap rukun warga dengan memberikan beberapa pertanyaan serta dilakukan curah pendapat dari tiap perwakilan rukun warga. Untuk pemecahan masalah yang ada akan diserahkan kepada pemerintah desa, bekerja sama dengan puskesmas.

Setelah dilakukan sesi pertanyaan dan curah pendapat, didapat hasil bahwa prioritas permasalahan kesehatan yang harus segera ditangani yaitu sampah, limbah rumah tangga dan kotoran, juga permasalahan mengenai rokok setiap wilayah rukun warga.

Dengan diadakannya Survei Mawas Diri, masyarakat berharap adanya pembinaan mengenai RAKSA (rumah, air, kakus, sampah, alam) oleh pemerintah desa/puskesmas terutama perihal pengelolaan sampah, jamban, dan rokok.

Penulis : Atep Yanyan Saepul Romdomn /Magang

 

 

 

Bagikan artikel ini:
Komentar