You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Narawita

Kec. Cicalengka, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat

Tetap Jalankan Kegiatan Posyandu di Masa Pandemi


Tetap Jalankan Kegiatan Posyandu di Masa Pandemi

(Petugas kesehatan memberikan penjelasan bagi ibu hamil)

BANDUNG - Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu merupakan kegiatan yang dilakukan oleh dan untuk masyarakat dibantu petugas kesehatan. Pemerintah Desa Narawita sendiri sampai saat ini masih rutin melakukan kegiatan posyandu di berbagai Rukun Warga seperti salah satunya di RW 02 Desa Narawita pada Kamis pagi (10/9/2020). Dalam masa pandemi, protokol kesehatan seperti penggunaan hand sanitaizer dan masker diterapkan saat melakukan pelayanan kesehatan.

Pada kegiatan posyandu ini dilakukan penimbangan dan pengukuran untuk mengetahui perkembangan tinggi dan berat badan anak. Tak hanya itu, dilakukan imunisasi pada bayi agar meningkatkan kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit.

Selain pengecekan perkembangan anak, diadakan kelas bagi ibu hamil demi kesehatan ibu dan bayi. Petugas kesehatan memberikan penjelasan dari mulai vitamin, larangan makanan dan minuman untuk ibu hamil, penjelasan mengenai nifas, serta penjelasan mengenai ASI atau Air Susu Ibu.

Asupan vitamin dan mineral bagi ibu hamil harus terpenuhi. Sebenarnya tidak ada larangan makanan untuk ibu hamil asal tidak dikonsumsi berlebihan. Hanya saja bagi ibu yang sedang hamil muda harus menghindari nanas muda. Ibu hamil pun tidak disarankan mengonsumsi kopi dan teh karena terkandung zat anti gizi yang menghambat penyerapan zat gizi dan zat besi.

ASI yang pertama kali keluar berisi imun dan harus diberikan kepada bayi. Tidak ada ASI basi meskipun ASI yang dikeluarkan encer karena semua ASI dari ibu merupakan makanan yang paling sehat bagi bayi.

Karena Posyandu merupakan sarana pelayanan kesehatan yang rutin dilakukan tiap bulan, diharapkan masyarakat Desa Narawita khususnya yang memiliki bayi atau balita serta bagi ibu hamil harus mengikuti program pelayanan kesehatan ini agar dapat mengetahui perkembangan kesehatan serta dapat meningkatkan kualitas kesehatan meskipun dalam masa pandemi.


Penulis : Atep Yanyan Saepul Romdon/Magang

 

Bagikan artikel ini:
Komentar